39 Komentar

Inikah Akhir Petualangan Sigid Haryo Wibisono?

Kasus dugaan keterlibatan Antasari Azhar dalam kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen jelas skandal tingkat tinggi. Yang terlibat pun pemain kelas kakap pula. Salah satunya, Sigid Haryo Wibisono, bos Koran Merdeka.

Bagi sebagian orang, Sigid Haryo Wibisono bak the phantom of the opera.  Putra mantan Kasdam IV Diponegoro ini punya peran bak siluman, yang bahkan bisa membuat para pejabat tinggi negara keder dibuatnya.

Pria yang bermukim di kawasan Pati Unus Kebayoran Baru ini memang punya track record tak biasa. Meski kader Golkar, ia bisa sangat dekat dengan Bachtiar Chamsjah. Bahkan, Sigit pernah menjadi Staf Ahli Penasehat Menteri Sosial (Bidang Khusus) Bachtiar Chamsjah.  Di kalangan terbatas, konon Sigid punya kartu truf Bachtiar, yang membuatnya kadang-kadang bisa menyetir Menteri Sosial. Benar atau tidak, namanya juga konon?

Semasa masih menjadi Penasehat Staf Ahli Menteri, bukan rahasia umum jika Sigid bisa memfasilitasi para mitra/rekanan Depsos untuk menggiring proyek. Menurut kalangan rekanan, terutama yang berlatar belakang “bukan orang Medan”, sebenarnya peran Sigid di Depsos ketika itu cukup membuat keseimbangan pembagian kue proyek di lingkungan Salemba 31 (Depsos). Bukan rahasia umum, Depsos sempat dikuasai mafia rekanan Medan–apalagi, sejak Bachtiar mengangkat Ghazali Situmorang, sesama partner asal Medan, sebagai Dirjen Banjamsos dan kemudian Sekjen di Depsos.

Nama Sigit juga disebut-sebut sebagai “the phantom” dalam kisruh PKB. beberapa waktu silam. Muhaimin Iskandar menuding Sigit sebagai tokoh intelektual di balik konflik itu. Waktu itu, pria bernama KRMT Sigit Haryo Wibisono itu baru saja loncat dari pengurus DPD Golkar Jateng ke PKB. Di PKB, ia digosipkan punya andil dalam pembekuan beberapa pengurus wilayah dan cabang. Ia juga disebut turut “menggosok” Gus Dur untuk me-MLB-kan Muhaimin. Gosip-gosip itu beredar karena dia terlihat akrab dengan Yenny, putri Gus Dur yang aktif di bidang politik.

Nama Sigit lagi-lagi disebut-sebut sebagai jagoan Gus Dur untuk menjadi menteri, untuk menggantikan Lukman Edy–waktu kisruh PKB beberapa waktu silam.  Menurut Okezone,  pria yang dikabarkan dekat dengan Sekjen PKB Yenny Wahid ini juga berada di balik pencopotan Wasekjen Erman Suparman Hermawan dan Hanif Dakhiri. Dikabarkan, kedua orang yang dicopot tersebut ingin mendongkel Yenny dari posisi Sekjen PKB, karena kalah bersaing ketika muktamar.

Tapi, yang menarik dari semua itu, bahkan yang cukup serius Sigit disebut-sebut sebagai anggota Badan Intelijen Negara. Benarkah? Seperti pernah ditulis okezone, isu BIN beredar karena beberapa orang yang pernah bergaul dengannya menyatakan bahwa Bibi, begitu Sigit biasa disapa, termasuk dalam Kelompok Kerinci milik mantan KSAD Tyasno Sudarto. Padahal, sebelum diangkat menjadi KSAD pada akhir 1999, Tyasno menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais).

Kedekatan Sigit dengan Tyasno disebut-sebut karena bapaknya merupakan pernah menjadi pejabat teras di lingkungan Kodam IV Diponegoro. Tyasno sendiri pernah menjabat sebagai Pangdam IV Diponegoro sebelum ditunjuk menjadi KSAD. Karena itu, ketika Suripto (tokoh PKS yang punya latar belakang kuat dengan dunia intelijen) mencoba menjenguk Sigit di tahanan polisi, orang pun mencoba mengaitkan kedekatan mereka sebagai sesama insan intelijen. Suripto mengaku mengenal Sigid sejak tahun 1998 silam semasa terjadinya perubahan politik dari era Orba ke masa reformasi.

Menurut suara-suara sas-sus (desas-desus) ihwal kedekatan Sigit dan  KPK bermula dari upaya pengungkapan kasus korupsi di lingkungan Depsos. Sigit disebut-sebut sebagai orang yang banyak menyuplai informasi tentang penyimpangan dana bencana alam dan bantuan-jaminan sosial yang dilakukan beberapa birokrat Depsos.

Ketika Antasari menjadi Ketua KPK, keterlibatan Sigit di lembaga pemberantas korupsi itu berlanjut.  “Pak Sigit dekat dengan Ketua KPK,” kata Boni Hargens, Direktur Pusat Pengkajian Strategi di PT Pers Indonesia Merdeka (PIM), seperti dikutip  detik.com.  Boni yang mendatangi Polda Metro Jaya untuk menjenguk Sigid menjelaskan, Sigid dan Antasari pernah terlibat proyek iklan yang sama. “Dulu mereka pernah membuat iklan bareng, iklan harian Merdeka di TVOne waktu acara bola kalau tidak salah,” jelas Boni.

Menurut Boni, masih seperti ditulisdetik.com, Sigid tidak hanya dekat dengan Antasari tapi juga pejabat lainnya. Boni menyebut nama Prabowo, Wiranto dan Megawati juga dekat dengan Sigit. Dia khawatir penangkapan Sigid bermuatan politik. “Setahu saya dia memang dekat dengan semua petinggi,” tambah Boni. Bahkan, karena kedekatannya itu, Sigit disebut-sebut sebagai pelobi ahli. Ia disebut-sebut sebagai orang yang mensponsori Bachtiar Chamsjah sehingga bisa kembali menjadi Menteri di era SBY. Juga, sebagai tim sukses Antasari Azhar dalam proses pemilihan Ketua KPK.

Dari jejak rekam petualangannya, jelas Sigid bukan orang biasa. Tak banyak orang mampu memerankan peran penting seperti ia. Piawai di ranah politik, ranah bisnis, juga ranah intelijen. Apakah petualangan Sigid akan terhenti di ruang sel penjara? Mari kita tunggu episode lanjutan kasus Antasari Azhar, yang menyeret namanya.

Iklan

39 comments on “Inikah Akhir Petualangan Sigid Haryo Wibisono?

  1. hoo.. kasian juga ya…

    ~salam~

  2. petualangan luar biasa, tp nampaknya belum akan berakhir. orang2 spt Sigit hy ckp dg berbaring unt menjalankan misinya

  3. Wah..ternyata kasusnya gak sesederhana yg sy bayangkan ,cinta…selingkuh…nafsu…!! eee..ini sih kasus tingkat tinggi bo…!! thanks.

  4. kok jadi complicated gini kasusnya?

  5. nggak bisa ngomong nih……

  6. sapandai pandainya tupai meloncat, bisa kesandung batu, btw skenario di belakang layar yang tidak terpublish memang luar biasa biasanya kita terima hasil jadi yg terblow-up di media

  7. Sigid Haryo Wibisono, berarti memang “bukan orang biasa”.
    Trims ya bang.
    Salam

  8. kejahatan kerah putih item (iya bukan)

  9. Kisah selengkapnya dapat dibaca di Blog aku

  10. Sekarang AA diperiksa oleh kepolisian.
    Kita tunggu saja beritanya!

  11. […] Blogger cantik dibalik dugaan keterlibatan Antasari Asmara berdarah pendekar anti korupsi Akhir pertualangan Sigid Haryo Wibisono […]

  12. semoga semua ini bukan konspirasi. Sungguh telah rusak susu sebelanga karena nila setitik. kalaupun terbukti AA terlibat, bukan KPK yang jadi korban. Maju terus KPK.

  13. Jadi kusut ya Mas kasusnya ? Memang dia bukan orang biasa, julukanya saja “The Phantom” 😆

  14. Assalamu ‘alaikum mas, demi menjalin silaturahmi sesama Blogger marilah kita saling bertukar link, gimana mas?? Salam kenal yah dari Dedhy Kasamuddin 😀

  15. Saya rasa ini adalah resiko seorang pejabat seperti AA yg berani memberantas korupsi tanpa pandang bulu. Seperti juga kisah pembunuhan hakim yg berani.

  16. Hardly believe. Ppffhhhuuuuuuu!!!

  17. […] Inikah Akhir Petualangan Sigid Haryo Wibisono? Kasus dugaan keterlibatan Antasari Azhar dalam kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen jelas skandal tingkat tinggi. Yang […] […]

  18. mantabb . gan ……
    smoga yg salah benar2 terungkap….

  19. Nah gitu dong, kasus itu yang asyik gini, kayak di film-film barat, cukup intelek.

  20. dasar AA & SH mafia…, ada dimana-mana

  21. bener bro, juga kayak novel-novel detektif macam nick carter

    Freedownload yang BEJAD-BEJAD DISINI

  22. SHW adalah operator, dia yg ngangkat AA, dia juga yg menjatuhkan. Konspirasi 1. Menggiring opini bhw yg menjatuhkan AA adlh SBY, krn dendam pribadi. 2. Membabat habis KPK melalui Komisi III DPR. 3. Memuluskan jalan Mega-Prabowo mjd Presiden.

  23. wah, benar-benar kayak nonton film thriller hollywood yg super tegang penuh dengan misteri… siapa dalang dibalik semuanya????? sungguh patut dinantikan setiap perkembangannya.. saya harap yang kebenaran akan tetap tegak berdiri…

  24. Berita selanjutnya, kita tunggu hasil penyelidikan pihak kepolisian…

    Terima kasih dah berkunjung ke http://lemabang.wordpress.com.

    Maaf, baru sempat berkunjung ke blog ini..

  25. aneh juga ya kalo beginian terjadi Indonesia dan bukan di hollywood,terlalu byk yg janggal aku rasa dari kasus ini

  26. menurut aku terlalu naif kalo AA melakukan pembunuhan dgn melibatkan byk org..terlalu beresiko,aku rasa dia tdk mungkin bikin skenario sementah itu,apalagi mobil yg digunakan pemantau/eksekutor ke -dua mobil rental,emang mau piknik pake mbl rental ????,lagi pula AA itu tukang jebak,insting org yg suka menjebak org lain(dlm hal ini koruptor kelas KAKAP) tidak mungkin ceroboh bhkn lbh ceroboh dari pembunuh munir ??? AA pasti tahu kalo dia memang berniat membunuh memakai cara yg jauh lbh cerdik,krn taruhan nya karir yg sdh dirintisnya susah payah dan nama baiknya,buat keluarga Nasarudin dan pihak Kepolisian,menurut pendapat aku pembunuh yg sebenarnya sepertinya masih berkeliaran..

  27. tulisan bagus yg sangat membantu. saya pikir org2 kayak sigid ini dah gak ada di jaman reformasi, gak taunya malah tumbuh makin subur ya..:(

  28. KAYA DI FILM UNTOUCHABLE
    ADA KONSPIRASI INTELIJEN DI BALIK SEMUANYA.

  29. KASUS AA sepertinya akan menjadi OPERA SABUN TERBESAR Dunia Politik Indonesia Tahun ini….. Mari tanggapi dengan bijak…

  30. orang sekaliber AA, pamen ww ,shw. semudah itu terlibat pembunuhan berlatar belakang perempuan… jawabnya ; bisa saja! karena keangkuhan kekuasaan mereka. memandang orang lain itu kecil.

    …salam dari orang kecil…

  31. benar2 orang2 yang hebat ya yg terkait perkara ini?
    hufff…

  32. dapat data darimana, ngarang ya,,,,

  33. Semoga Alloh SWT segera memperlihatkan siapa yang sebenarnya bersalah dan siapa yang benar. Semoga…!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: