13 Komentar

Rancang Bangun Gedung Mahkamah Konstitusi

Author: Sofwan D. Ardyanto & Agung Y. Achmad

Ini adalah buku ketiga yang pernah saya tulis, sebagai seorang copywriter. Sebuah buku yang agak berat. Buku ini semacam bedah gedung sebuah bangunan yang kemudian menjadi kantor Gedung Mahkamah Konstitusi RI.

Pendeskripsian tentang rancang bangun suatu gedung pemerintah seperti Buku Rancang Bangun Gedung Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia ini merupakan tradisi baru, jika bukan yang pertama kalinya.

Tradisi semacam ini sungguh merupakan suatu preseden positif dan perlu dikembangkan. Bukan hanya sebagai penjelasan utama tentang sebuah bangunan, melainkan juga, paling tidak, sebagai dokumen resmi tentang bagaimana proses pembangunan sebuah gedung dilakukan.

Ide penulisan buku ini antara lain untuk memberikan penjelasan kepada publik tentang gaya arsitektur Gedung MK RI yang memang nampak cukup unik. Seperti bisa dilihat, pada bagian depan gedung lembaga tinggi negara ini tampak bentuk arsitektur bernuansa klasik, sebuah bentuk arsitektur yang unik di saat arus besar pembangunan gedung justru berpaling ke gaya modern. Tetapi, ide penulisan buku sesungguhnya tidak terbatas pada keunikan semacam itu, melainkan lebih kepada konsep bangunannya.

Nah, di dalam perjalanan penulisannya muncul perkembangan ide. Buku yang semula dirancang sebagai buku arsitektur dengan konsep album, berkembang menjadi buku rancang bangun gedung lengkap dengan penjelasan teknis dan detail tentang sistem-sistem pendukung gedung. Ide ini terutama karena dipengaruhi oleh langkanya buku-buku yang berisikan tentang bagaimana sebuah bangunan dipersiapkan sejak dari proses perencanaan, proses pembangunan hingga pengerjaan akhirnya, terutama bagi mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur dan Teknik Sipil.

Jadilah buku ini diniatkan untuk mengisi kelangkaan buku-buku referensi tentang pelaksanaan membangun sebuah gedung. Dalam konteks penerbitan buku ini, proses pelaksanaan pembangunan Gedung MK RI menjadi studi kasus atau obyek observasinya.

Buku ini diharapkan bisa menjadi referensi bagi para mahasiswa di dua jurusan tersebut, atau berbagai kalangan yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan arsitektur, bahkan bagi masyarakat awam sekalipun. Ya, karena buku ini menggunakan pendekatan populer di dalam pembahasaannya. Bahkan, seperti bisa dinikmati, gaya bahasa penulisannya pun mendekati gaya penuturan yang lazim dipakai di dunia jurnalistik.

Iklan

13 comments on “Rancang Bangun Gedung Mahkamah Konstitusi

  1. Hebat, semoga para mahasiswa dan arsitek dapat memanfaatkannya.

  2. saya sih, ngeliat gedungnya aja, udah takjub..

    keren tuh MK punya gedung seperti ituh.. seperti berada di negara2 barat 😉

  3. @Pak Singal: seandainya gedung-gedung dan bangunan keren lain di negeri ini juga dibuatkan bedah gedungnya, pasti sangat bermanfaat untuk mahasiswa.

    @Mas Billy: monggo, mampir ke gedung itu mas. Terbuka untuk umum, kok….

  4. kalo boleh tau ini arsiteknya sapa ya?
    trus dibangun pada tahun brp?

  5. Tim arsitek dipimpin Ir. Priyo. Dibangun pada tahun 2007.

  6. bukunya sangat menarik, dimana ya bisa mendapatkannya? trims.

  7. @Icha: Buku bisa didapatkan di Mahkamah Konstitusi. Kami tim penulis sebenarnya menyimpan softcopy buku tersebut, tapi terlalu besar untuk dikirim by email. Tks.

  8. Dimana saya bisa mendapatkan buku ini? Dan berapa harganya. Thanks

  9. @Astuti Baso: anda bisa datang ke Gedung Mahkamah Konstitusi RI, hubungi pengelola penerbitan di sana. Setahu saya, buku ini tidak diperjualbelikan, melainkan didistribusikan sesuai dengan list yang ada.

  10. Pak Sofwan, kalau saya mau minta softcopy-nya apakah boleh? Kalau size-nya tlalu besar utk dkirim lwt email, bisa saya ambil lsg ke bpk? Tks.

  11. @Yohana: insya Allah, saya carikan dulu ya coz sudah lama.

  12. ada cabang gedung baru gak , seperti mahkamah agung mempunyai cabang PN/PA tks

  13. ada cabang gedung baru gak , seperti mahkamah agung mempunyai cabang PN/PA tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: