45 Komentar

Puisi Anak “Ibu dan Facebook”

Dasar katrok. Kok, saya baru tahu jika ada seorang anak kecil,  yang puisi sederhananya punya daya ledak yang begitu dahsyat.  Padahal, sudah hampir sepekan info unik ini beredar. Anak kecil itu, konon dari yang saya baca, memang seorang anak yang ekspresif. Serafina Ophelia Simanjuntak, itu nama gadis pintar berusia 9 tahun, yang seorang anak kelas 4 SD Bellarminus 2 Bekasi.

Puisi yang ia tulis tak sampai lima menit itu, konon, memang menggambarkan betapa erat hubungan antara sang ibu dan situs jejaring sosial itu. Puisi ini dibuat Rafin, panggilan akrab Serafina, bulan Januari 2009 lalu. Orangtua Serafina lantas meng-upload dalam note mereka di facebook.

Di luar dugaan, yang merespon cukup banyak. Oleh karena itu, ibunda Rafin, Reko Alum, langsung mengikutkan puisi itu ketika Pusat Kebudayaan Perancis (CCF) menggelar lomba puisi lucu.

Serafina Ophelia
Serafina Ophelia

Dari sekitar 100 puisi yang ikut serta, ada 15 yang ditampilkan di Taman Menteng 14 Maret  lalu. Puisi Rafin masuk tiga besar yang menjadikannya berhak mendapatkan hadiah kursus tiga bulan belajar bahasa Perancis.“Puisi itu dibuat Rafin dalam waktu tidak sampai lima menit. Dia memang sering melihat saya sedang asyik di laptop dengan facebook. Puisi itu tidak dibuat khusus untuk lomba itu,” kata Reko seperti dikutip VivaNews.

Rafin yang lahir 30 Oktober 1999 memang dikenal sangat ekspresif. Ia bahkan pernah mengirim surat pada atasan ayahnya. Rafin menanyakan kenapa ayahnya selalu dapat tugas yang memaksanya harus pulang pagi tiap kali pergi bekerja.

Singkat cerita, Rafin akhirnya mentas di sebuah kegiatan Komunitas Bunga Matahari (BUMA, komunitas pecinta puisi). Dengan gayanya yang lucu,  akhir pekan pertengahan Maret 2009 lalu, Serafina membawakan puisinya dan mendapat apresiasi yang sangat antusias dari seluruh yang hadir.

Dan, video tentang Rafin, yang sedang membacakan puisinya itu baru saya terima tadi siang, melalui pesan masuk dari seorang teman. Huh, kenapa baru sekarang? Betapa tidak, saya pun tak sabar untuk segera mem-forward video itu ke para “emak-emak fesbuk” yang menjadi kontak/jejaring saya di akun fesbuk yang saya miliki.

Sungguh, puisi ini menggambarkan wajah para penggandrung fesbuk, khususnya para ibu–yang kadang-kadang lupa secara tak sadar tersedot sihir situs jaringan sosial itu.  Lha, kok ya, kritik itu justru datang dari anak-anak.  Istriku terpingkal-pingkal menonton video Rafin ketika membacakan puisinya itu.

“Lucu, ya,” kata istriku. Tapi, sepertinya ia merasa tersentil juga. Memang, terkadang kritik dari seorang anak kecil bisa lebih mengena ketimbang kritik dari orang dewasa.

Oh ya, bagi yang belum melihat video itu. Ini dia:

Dan, ini dia lirik dari puisi Rafin, berjudul: “Ibu dan Facebook”

Ibu
Facebook
Hubungannya erat sekali.

Setiap hari, sehabis mandi
selesai makan
Sehabis apapun…

Dalam hatiku,
aku berpikir
mau kemanakah gerangan ia.

Notebook.

Tapi apa yang selalu ia lihat di notebook
Facebook.

Setiap hari, tawanya menggema

Sampai kapankah hubungan erat antara Ibu dan Facebook
Mungkin sampai akhir hayatnya.

Notebooknya akan dibawanya… ke…surga

About these ads

45 comments on “Puisi Anak “Ibu dan Facebook”

  1. aduuh ojaaan.
    terus gimana si Ibu?tetep gila fb?
    mau dong fbnya si Ibu itu

  2. hanya bisa senyum ^_^ ulasan yang menarik….

  3. Aku suka gayanya yang rileks banget. Ingin tahu, gedenya jadi apa. :)

  4. Anak hebat. Kritis dan berani mengekspresikan ungkapan hatinya. Duh, jangan bunuh keberanian dan kreativitasnya itu dengan diberi stempel anak bandel ya. Semoga.

  5. Ingin tahu lebih banyak mengenai sang penyair cilik kritis dan berbakat Serafina Opehlia dan puisinya yang berjudul “Ibu dan Facebook”?

    Dengarkan wawancaranya di FeMale Radio 99.5 FM Jakarta
    Rabu, 25 Maret 2009 antara pk 8.00 – 9.00

    CCF Jakarta & Komunitas Bunga Matahari

  6. Nice. Thanks ya tuk infonya

  7. keren anaknya,
    dan buat ibunya,
    smoga cepat insyaf hihihi

  8. anak sekecil itu dah pinter buat puisi.
    sip dah :)

  9. auooooooooooooooo……………

  10. fb emang bqn orang lupa.lupa waktu..lupa semuanya..anak yg baik..
    di jaga y ibunya,jng ampe maen FB trusss…lol..

  11. tepat waktu, tepat guna ….. anak yang dibimbing Tuhan untuk mengingatkan kita para orang tua ……… bravo fina … GBU

  12. wealah…. wealah… ada2 sajah… ^_^

    TP keren kok hebat2

  13. she’s still a lil’girl..she just expresses what she feels and what she sees..not more or less…so i think, its really sincere from her heart..great job girl..

  14. Oh Serafina Ovelia..
    Maukah kalau kubelikan Notebook..
    Biar bisa berFB-an sama mama…???
    Gemessss dehh….

  15. anak pintar,…tapi mudah2an di surga ada notebook

  16. sediiihhh baca ntu puisi…

    tuh buat emak emak…jangan nge EPBI mulu…inget umur..inget suami…inget anak juga…

  17. semoga dia menjadi yg terbaik buat ibunya,salam buat netobook di surga ya.

  18. Good child…jangan sampai deh, gara2 FB lupa sgalanya.

  19. aQ d buatyn donkz

  20. gmn caranya ngajarin buat pintar buat puisi sepintar itu..

  21. Mestinya puisinya di bacakan di panggung ceria Mq 102,7 Fm program Bintang juara kreativitas anak,namanya nyindir pake seni atau seni menyindir ya ? What ever,nice art
    Sweet rafin.

  22. Iya ni fb-an mang bs bkin qt jd lupa wktu……moga anakq keysia bsarx scerdas serafina ya….

  23. ungkapan hati yang menyentuh dan tepat sasaran….

  24. selamat menjadi merah tuh muke emak2 yg doyan FB, eeeittt jangan malah cungar cengir…tapi mikir….
    bwt kalo bapak2 sih okey2 saja ya???!!!?

  25. aku seneng banget
    punya generasi yang pintar baca puisi
    kirim salam buat EMAK terusin aja fb nya yachhhhhhhhhh!

  26. menurut saya ibu seperti itu tidak pantas di anggap ibu karena setiap ibu pasti menyayangi anaknya dan tidak akan membiarkan anaknya terlantar…
    buat rafin puisinya bagus buangetttttt….
    layak untuk ikut lomba dan menang dalam kompetensi itu.

  27. buat EMAK nya rafin…..
    jangan facebook kan terus dong kasihan itu anaknya terlantar…………………………….

    ingat dong..
    sama anak n suaminya….

    gak malu tah????????????????????????????????
    inget sama umur buuuuuukkkkkkkkkkkk??????????????

  28. buat emaknya rafin….

    bagus tuh facebook kan terus tapi jangan ngelupain anaknya tuh…

    jangan2 facebook kan,buat cari suami baru tuh….
    cie…cie….
    SALAM BUAT EMAKNYA RAFIN SELAMAT MENIKMATI AJA YACH FACEBOOK KAN NYA????????
    OKEY………………………………………

  29. KAU MEMANG TAK PANTAS MENJADI SEORANG IBU….

    BUAT RAFIN PUISINYA TOP MARKOTOP???????????

    AWAS ADA SULE………….PRIKITIEW……….
    SALAM SETIA

  30. BUAT RAFIN YANG TABAH JA WEZZZZ………
    JANGAN PUTUS ASA BUAT NYADARIN IBU KAMU….
    AND TETAPLAH BERKARYA………
    SEMOGA JA KAMU BISA JADI LEGEND DI INDONESIA…….

  31. emmmh kaciaaan deh rafin
    kamu dicuekin ibunya
    hanya gara-gara FB

  32. kritik lugu buat seorang ibu….buat rafin hormati ibumu…bagamanapun juga dia tetap ibumu…

  33. baru liat ni…subhanallah…ungkapan jujur dan polos dari seorang anak yg mungkin hak nya sedikit ‘terabaikan’ dr seorang ibu :) teringat anak didik saya disekolah…kira2 ceritanya sama…dia mengeluh kpd gurunya, ibunya main fb trus!makanya dia kesiangan sekolah trus.

  34. mau sampai kpn c ibu terus mikirin facebook ??

  35. Serafine….keren bgt deh puisinya, !!! ^_^,eh bsk jgn telat ke bellar ya ! Sampai ketemu di sekolah !

  36. aku terharu deh baca puisi mu,salam bwt ma2 mu ya ser !

  37. Itu baru anakx., belon ibux…
    Pasti ngak kalah keren,,
    Hahahaaaa……..
    Jangan mau kalah bu..

  38. wow…..,, emang anak indonesia cerdas2..,

  39. Hahaa._.

  40. weh hb4tz nacz kcil bz bikin puisi weh weh weh

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: